jump to navigation

Energi Yang Semakin Sulit Didapat dan tentang Bengkong. Maret 14, 2012

Posted by priyosetyoko in Uncategorized.
trackback

Diskusi dengan topik :  Energi Yang Semakin Sulit Didapat dan  tentang Bengkong.

                Penyebab naiknya harga dan kelangkaan energi fosil : naiknya kebutuhan bahan bakar minyak yang tidak terkontrol. Bisa kita lihat dijalan raya jumlah kendaraan yang lewat tiap menit. Bayangkan setiap kendaraan butuh satu liter tiap hari dengan jumlah pemilik satu juta misalnya, maka ada satu juta unit maka dalam satu hari dibutuhkan satu juta liter atau 365juta liter tiap tahun. Apakah minyak selalu ada? Jawabnya : Ya” untuk saat ini. Kalau kita tengok energi alternatif misalnya solar energy  atau energi matahari ingat bukan dollar energy. Cobalah bayangkan ada satu juta penduduk saja. Berapakah luas panel surya yang diperlukan? Jawabnya: ya mungkin kira-kira satu juta meter luas persegi. Dimana letak apakah di setiap atap rumah atau di bodi kendaraan perlu di pasang? Jawab : ya, bayangkan jika atap dan bodi kendaraan anda dipasang panel surya, akan lebih nyentrik dan lebih modern tentunya. Berapa harga panel surya? Jawab : coba cari di google. Kalau sudah tahu maka usulkan pendapat saudara. Lalu apakah solar energy cocok untuk iklim di Indonesia? Kan ada dua musim yaitu kemarau dan hujan. Terus kalau musim hujan gimana dong, kan mendung terus? Ya cobalah ke alternatif geothermal.  Tentang BENGKONGalias bensin singkong. Apa itu? Jawab : ya, bensin yang dibuat dengan bahan baku singkong, alias ketela, alias bodin. Lalu apa yang ada didalam singkong? jawab ya, karbohidrat. Lalu isi dari benkong itu apa? Jawab : ya bioetanol. Etanol? Ya umumnya dengan fermentasi secara mikrobiologis ataupun jika tanpa singkong ( dengan minyak) melalui reaksi-reaksi kimia terutama reaksi hidrasi terkatalisis dari etilen. Apakah anda pernah main ke Brazil, Afrika selatan atau Amerika? Kalau ya, pernahkah melihat industri pembuat bioteanol? Disana tentunya ada penyelidikan terus-menerus mengenai produksi etanol dari karbohidrat seperti sukrosa dan pati(amilum). Secara efektifitas etanol memang mampu menaikan angka oktan. Disisi lain etanol juga dapat mempercepat korosi terhadap mesin kendaraan. Coba cari mengapa etanol mempercepat korosi?.

Ayo coba kita lirik sepintas mengenai biosintesis etanol.

Ragi (yeast) dan bakteri telah lama digunakan untuk memproduksi etanol. Saccharomyces cerreviside merupakan ragi yang paling banyak digunakan, tetapi Kluyveromyces fragilis juga telah dipakai.

{Glukosa( C6H12O6)}—–glikolisis——{piruvat (CH3-CO-COOH)}——piruvat dekarboksilase, Mg+2, thiamin pirofosfat——-{asetaldehid(CH3CHO) + CO2}——alkohol dehidrogenase(NADH2)—–{etanol(CH3C2OH)}.

Kalau secara sistematis hitungan apakah efektif untuk menghasilkan etanol dengan persentase yang tinggi untuk bahan baku dan biaya operasional? Solusinya yaitu dengan menggabungkan energi alternatif energi matahari sebagai peningkat biaya produksi sampai lebih dari 60%.

Solusi:

Jika melihat keadaan energi alternatif masih perlu dikembangkan pembangkit energi dari energi matahari.

Perlu dibuat suatu gabungan antara bioenergi dan natural energi(solar energi).

Jika perlu ini menjadi tugas pemerintah untuk mengirim pesawat ulang-aling yang dekat dengan matahari atau bintang lain yang dapat menyerap energi matahari secara massal kemudian ditransfer ke bumi.

Jangan sampai energi nuklir yah,,,resiko lingkungan dan bencana di negara kita.

By: YO_OK,,,pagi” kepikiran energi.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: